Pelatihan GCP Komisi Etik UNPAD
  • Pelatihan GCP Komisi Etik UNPAD

    GCP (Good Clinical Practice) atau Cara Uji Klinik yang baik (CUKB) merupakan suatu standar kualitas etik ilmiah internasional untuk membuat, melaksanakan, mencatat dan melaporkan uji klinik dengan melibatkan subyek manusia.

    Sehubungan dengan adanya pandemi akibat virus Covid-19 termasuk di Indonesia dan adanya eskalasi jumlah pasien tertular virus tersebut, maka kami mengadakan Pelatihan GCP UNPAD melalui Aplikasi Zoom.

    Pelatihan dapat diikuti berbagai instansi pendidikan maupun kesehatan di seluruh Indonesia

    Pelatihan diadakan maximum 30 orang

    Pelatihan GCP ini mengunakan pendekatan yang digunakan berdasarkan pada teori pembelajaran orang dewasa dan menggunakan metode yang terdiri dari kuliah interaktif, diskusi, latihan praktek dalam kelompok kecil, permainan peran dan persiapan/tinjauan catatan pada kegiatan sebelumnya.

    Setiap hari menjelang selesai pemberian materi atau sebelum memulai pelatihan di hari selanjutnya, para fasilitator membentuk kelompok kecil untuk berdiskusi dengan tema yang sudah disiapkan. Rata-rata tema yang diambil pada materi pada hari sebelumnya yang sudah dipelajari. Terlihat antusias yang tinggi dari para peserta selama mengikuti pelatihan

    Pada akhir pelatihan, peserta diharapkan mendapatkan pengetahuan dan ketrampilan tentang GCP dan standar etika Internasional dan mampu menerapkannya dalam konteks penelitian kesehatan yang melibatkan partisipan manusia. Pelatihan berjalan dengan lancar dengan dipandu oleh para fasilitator GCP yang dikoordinasi oleh Prof. dr. Rovina Ruslami, SpPD., Ph.D.